Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memblokir Flashdisk Dari Mengcopy File Di Komputer Kita




Kucing Tekno - Sistem keamanan login windows memang sudah dilengkapi dengan password , Pin , password gambar bahkan sudah menggunakan sidik jari dan retina. Namun setelah komputer dalam keadaan menyala terkadang masih ada kesempatan oleh pihak tertentu untuk mengutak-atik file kita.

Bayangkan jika folder rahasia kita yang berisi file-file penting diambil oleh orang tak dikenal untuk dimanfaatkan. Untuk mencegah hal tersebut salah satu caranya adalah melindungi file-file kita agar tidak bisa dicopy ke flasdisk atau yang lainnya .

Banyak sekali software yang digunakan untuk memproteksi file , namun ada cara yang lebih simpel tanpa menggunakan software apapun yaitu memanfaatkan fitur di GPEDIT ( Local Group Policy Editor )

Silakan ikuti langkah-langkah berikut :

MENGAKTIFKAN KONFIGURASI 


  • Membuka GPEDIT (Local Group Policy Editor )
Klik Search di kotak pencarian lalu ketik gpedit sampai muncul programnya atau kombinasi tombol Windows + R (Run) ketik gpedit.msc  kemudian buka programnya.

membuka gpedit lewat search



membuka gpedit lewat Run


  • Browse path berikut :
Computer Configuration > Administrative Template > System > Removable Storage Access


  • Pada sisi kanan dobel klik Removable Disk : Deny write access 
Removable disk : deny write access


  • Pada kiri atas , pilih opsi Enabled

Pilih : Enabled

  • klik Apply dan OK
  • Restart komputer

Setelah di restart , siapapun yang mencolokkan flashdisk di komputer kita tidak akan bisa mengcopy file-file yang ada . Jika tetap dilakukan maka akan muncul peringatan Destination Folder Accsess Denied dan jika di klik continue maka akan muncul peringatan lagi .

Access Folder Denied

Try Again






Karena siapapun yang mencolok flashdisk tidak akan bisa mengcopy termasuk kita, maka jika kita ingin mengcopy file harus membuka kembali konfigurasinya dan menonaktifkannya.



MENONAKTIFKAN KONFIGURASI 


  • Caranya sama seperti diatas, hanya mengganti opsi Enabled ke Not Configured
  • klik Apply dan OK
  • Kemudian Restart komputer







Tujuan dari trik ini adalah mencegah Flashdisk untuk mengcopy file di komputer kita , agar tidak sembarang orang bebas copy - paste file yang kita miliki. Namun kelemahannya adalah jika kita ingin mengcopy maka harus menonaktifkan konfigurasi terlebih dahulu.
Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Memblokir Flashdisk Dari Mengcopy File Di Komputer Kita"